PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD MATERI KERAJAAN DAN PENINGGALAN HINDU DI INDONESIA

Antonius Alam Wicaksono, Hanif Fikri Bariska

Abstract

Bertolak dari latar belakang tersebut rumusan masalahnya    adalah : 1) Apakah penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan  hasil belajar Pada Pembelajaran Kerajaan dan Peninggalan Hindu di Indonesia Mata Pelajaran Ilmu Penetahuan Sosial, 2) Bagaimana pengaruh penerapan model STAD dapat meningkatkan  hasil belajar Pada Pembelajaran Kerajaan dan Peninggalan Hindu di Indonesia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk menjawab pertanyaan itu peneliti menggunakan metode Tes (pre test dan post test) dan metode observasi dalam pengumpulan data sebagai bukti atau fakta dalam penelitian ini. Hasil yang dalam penelitian “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Dinoyo I Malang Materi Kerajaan dan Peninggalan Hindu di Indonesia ”lebih meningkat. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model Pembelajaran KooperatifTipe STAD adalah 50 dan setelah menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  nilai rata-rata siswa adalah 84,61. Sedangkan persentase peserta didik yang tertarik saat pembejaran tipe STAD sebesar 100%.

Keywords

STAD; Hasil Belajar; IPS

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. (2004). Pedoman Penilaian, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Bahri Syaiful.2014.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta

Herawati. (2010). Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V SDN Jatinangor Bandung dalam Memahami Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPS Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Nugraha, Garin Dian. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Strategi Quantum Learning Bagi Siswa kelas IV SDN Made 4 Lamongan”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 02 (02): hal. 2

Slavin. Robert E, 2008, Cooperatif Learning. Jakarta: Nusa Media.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Ban-dung: Tarsito.

Sugiarto. (2009). Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Trianto, 2015. Strategi-strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme. Jakarta : Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KD

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i1.1141 | Viewed : 594 | Download : 617
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.