THINK-PAIR-SQUARE (TPS), SEBUAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Nathasa Pramudita Irianti, Elita Mega Selvia Wijaya

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Think Pair Square (TPS) terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Bentuk tindakan pada siklus I merupakan perbaikan untuk tindakan pada siklus II. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model pembelajaran TPS. Penerapan pembelajaran ini terlaksana dengan baik. Hal ini dapat ditunjukkan pada tahap berfikir, berpasangan dan berempat di siklus I yang belum terlaksana dengan baik dan lancar menjadi lebih baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada kategori baik dengan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 7% untuk kategori K (Kurang); 54% untuk tingkat C (Cukup) dan 39% pada kategori B (Baik), mengalami peningkatan ke kategori baik ditandai dengan berkurangnya jumlah siswa yang mencapai kategori K dan C, yaitu rata-rata aktivitas siswa pada siklus II sebesar 0% untuk kategori K (Kurang); 46,5% untuk kategori C (Cukup) dan 53,5% pada kategori B (Baik). Prestasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, ditandai oleh peningkatan skor tes tulis rata-rata siswa sebesar 6,95 (9,55%) dan peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 45% dari 40% menjadi 85%.

Keywords

Model Pembelajaran TPS, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Anita, L. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia

Erman, Suherman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI

Frensista, Dina. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 1 Ajung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran. Vol.3 No.2

Karyawati, Ni Komang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 No. 1

Lie, A. 2002. Mempraktekkan Cooperatif Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Wara, J. Michelin. 2012. Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Square dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan Matematika. Vo. 1 No.

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i1.1139 | Viewed : 1534 | Download : 383
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.