Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI

Nurul Aeni, Diyah Sri Yuhandini

Abstract

Kanker payudara adalah kanker terbanyak kedua di dunia merupakan kanker yang sering terjadi pada perempuan. Kanker payudara dapat di deteksi lebih dini dengan cara pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) untuk mengetahui stadium awal, sehingga pengobatan dini akan memperpanjang harapan hidup penderita kanker payudara. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan video dan demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan dalam pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Desain penelitian quasi experiment dengan rancangan penelitian pre-post control design. Populasi adalah seluruh siswi kelas XI SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon yang hadir dan bersedia menjadi responden, siswi yang sudah rutin melakukan SADARI sejumlah 200 orang, dengan sampel 30 orang melalui purposive sampling.Instrumen menggunakan kuesioner pengetahuan tentang SADARI yang di modifikasi oleh Pratama Ayunda yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas Chronbach Alpha (0,979) serta video sebagai instrument intervensi , dan instrument Phantom payudara dengan menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk kelompok control.Analisa data menggunakan Paired T Test. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan remaja sebelum diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi berupa video dan demonstrasi pengetahuan remaja mengalami peningkatan menjadi lebih baik, terdapat pengaruh peningkatan pengetahuan dengan menggunakan media video dan metode demonstrasi sebelum dan sesudah intervensi, dan tidak terdapat perbedaan yang bermakna kenaikan rata-rata pada kelompok video dan demonstrasi.Direkomendasikan bagi peneliti selanjutnya agar memodifikasi demontrasi agar tidak membosankan, menambah jumlah responden dan variabel penelitian.

Keywords

demonstrasi;kanker payudara;pengetahuan;SADARI;video

Full Text:

PDF

References

Diah, L.D., & Astuti. (2017). EfektivitasPenyuluhan Pemeriksaan Payudara Sendiri Dengan Media Video dan Phantom terhadap Praktik SADARI pada siswi SMPN 1 Nanggulan.Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 25 Oktober 2017.

Ervina, D.S.,& Warsiti. (2013). Pengaruh penyuluhan media audio visual video terhadap tingkat pengetahuan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada kader posyandu di tejokusuman Rw 04 notoprajan yogyakarta tahun 2013. STIKES Aisyiyah Yogyakarta.

Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis multimedia Dan pembelajaran Konvensional, 10(1), 125–146.

Kurniawan, N. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Kearsipan Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Univrsitas Negeri Yogyakarta Tersedia di e-jurnal, Online diunduh tanggal 25 Oktober 2017.Manuaba, I.B.G., I.A. Chandranita Manuaba, dan I.B.G. Fajar Manuaba,. (2007). Pengantar Kuliah Obsetri. Jakarta: Buku Kedokteran EGC,.

Melina Fitria, Soebiyanto, A., & Wujoso, H. (2014). Perbedaan Media Pembelajaran ( Leaflet Dan Video ) Terhadap Keterampilan Sadari Ditinjau Dari Motivasi. Jurnal Ilmu Kesehatan, Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 25 Oktober 2017

Milwati, Susi. et al. (2015). Penerapan Promosi Kesehatan Metode Demonstrasi dan Keterampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)Bagi Ibu-ibu PKK di Kota Malang.Malang: Poltekkes Kemenkes Malang.Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 25 Oktober 2017

Mubarak, WI. (2009). Ilmu Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika

Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran: Sebuan Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nisman, W. A. (2011). lima menit kenali payudara. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Rohendi Dedi, et al. (2010). Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 16–18. Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 25 Oktober 2017

Shorea, R., Agrina., Rismadefi, W. (2011). Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Terhadap Peningkatan Pengetahuan pada remaja putri di SMAN 2. Jurnal. Riau: Universitas Riau. Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 15 April 2018.

Suci, W. F. dan A. M. (2017). HubunganTingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 30 Oktober 2017

Sulastri, et al. (2012). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Video Dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) terhadap PerubahanPengetahuan dan Sikap Remaja Putri Di SMAN 9 Balikpapan. Kalimantan Timur: Jurnal Promosi Kesehatan Nusantara Indonesia Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 15 April 2018.

Suparmi, Winarni. (2014). Peningkatan Motivasi Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Pendidikan Kesehatan metode Demonstrasi. Proceeding Simposium Nasional 2016. Fakultas Kedokteran UNS. Tersedia di e-jurnal, Online diunduh tanggal 15 April 2018.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Rosda karya.

Pratama Ayunda, I. (2014) Efektifitas Pendidikan Kesehatan terhadap Nilai Pengetahuan Mengenai Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada remaja putri di SMPN Tangerang Selatan. Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tersedia di portal garuda, Online diunduh tanggal 25 Oktober 2017

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.