KETERKAITAN KARAKTERISTIK KELUARGA DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK SEKOLAH DASAR

Verarica Silalahi, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Masih banyak orang yang tidak memperhatikan personal hygiene . Pada anak usia sekolah, personal hygiene memegang peranan penting. Karakteristik keluarga berperan besar dalam pembentukan kebiasaan penerapan personal hygiene pada anak usia sekolah.Tujuan dilakukannya penlitian untuk melihat hubungan karakteristik keluarga dengan personal ‘hygiene pada anak sekolah dasar. Riset observasioanl berdesain crosssectional. Besar sampel sebanyak 100 orang (total sampling) kelas 3 sampai kelas 5 yang ada di SD Negeri Merjosari 3. Data personal hygiene diambil berdasarkan pengamatan langsung sedangkan data karakteristik keluarga diambil dari data profil sekolah. Data diuji dengan ChiSquare. Hasil diketahui pendidikan orang tua (ayah dan ibu) berhubungan dengan variable personal hygiene (p<0,05), dan tidak terdapat hubungan antara pekerjaan orang tua (ayah dan ibu) dengan personal hygiene (p>0,05). Direkomendasikan perlunya pendidikan kesehatan berupa promosi kesehatan mengenai personal hygiene kepada para orang tua, khususnya ibu untuk meningkatkan pengetahuan tentang personal hygiene

Keywords

Anak Sekolah Dasar, Karakteristik keluarga,Personal hygiene

Full Text:

PDF

References

Akmal, S.C., Semiarty, R., dan Gayatri. (2013). Hubungan Personal Hygiene dengan Kejadian Skabies di Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum, Palarik Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah Padang Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Andalas, 2(3): 164-167.

Arikan, I., Dibeklioglu, S.E., Arik, O., dan Gulcan, A. (2014). Personal Hygiene Status among Primary School Students in an Urban Area in the west of Turkey. Amarican Journal of Research Communication, 2(7): 23-36.

Efendi, F, dan Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Faridawati, Y. (2013). Hubungan Antara Personal hygiene dan Karakteristik Individu dengan Keluhan Gangguan Kulit pada Pemulung (Laskar Mandiri) di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Tahun 2013. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Hassan, R., Alatas, H., Latief, A., Napitupulu, P.M., Pudjiadi, A., Ghazali, M.V., dan Putra, S.T. (2002). Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 1. Jakarta: Infomedika.

Hiola, R. (2012). Hubungan Antara Kebersihan Perorangan dan Pemakaian Alat Pelindung Diri dengan Kejadian Penyakit Kulit pada Petugas Pengelola Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjung Kramat. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Indriastuti, P. (2009). Hubungan antara Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Higienis pada remaja puteri. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karim, Z., Arsin, A.A., dan Ansar, J. (2014). Hubungan Personal hygiene dengan Kejadian Demam Tifoid pada Anak di Puskesmas Galut. Makasar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Kusnin, R.M. (2015). Hubungan antara Personal hygiene dan Pemakaian Alat Pelindung Diri dengan Kejadian Penyakit Kulit pada Pemulung di TPA Tanjung Rejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Notoatmodjo, S. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Perry, A.G., dan Potter, P. (2010). Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ramadhan, K., dan Sabrina K.A, I. (2016). Hubungan Personal hygiene dengan Citra Tubuh pada Lansia di Desa Sepe Kecamatan Lage Kabupaten Poso. Jurnal Kesehatan Prima, 10(2): 1735-1748.

Sajida, A. (2012). Hubungan Personal hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Keluhan Penyakit Kulit di Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai Kota Medan Tahun 2012. Skripsi. Medan: USU.

Saryono. (2010). Catatan Kuliah Kebutuhan Dasar Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sudarto. (1996). Penyakit-Penyakit Infeksi di Indonesia. Jakarta: Widya Medika.

Ummah, K., dan Lidiawati. (2015). Hubungan Personal hygiene dengan Tindakan Pencegahan Penularan Penyakit Kusta. Journals of Ners Community, 6(1): 92-99.

Yusiana, M.A., dan Saputri, M.S.T. (2016). Perilaku Personal hygiene Remaja Putri pada Saat Menstruasi. Jurnal STIKES, 9(1): 14-19.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.