Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dan perilaku dalam memelihara personal hygiene gigi dan mulut pada anak usia sekolah di SD Negeri Payung

Sulastri Sulastri

Abstract

Personal hygiene merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus senantiasa terpenuhi. Personal hygiene termasuk kedalam tindakan pencegahan primer yang spesifik. Personal hygiene menjadi penting karena Personal hygiene yang baik akan mencegah seseorang dari penyakit. Personal hygiene yang tidak baik akan mempermudah tubuh terserang berbagai penyakit seperti penyakit kulit, penyakit infeksi, penyakit gigi dan mulut dan penyakit saluran cerna. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku dalam memelihara personal Hygiene gigi dan mulut pada anak usia sekolah di SD Negeri Payung. Adapun penelitian ini membedakan antara pengaruh sebelum pendidikan kesehatan personal hygiene gigi dan mulut dan setelah di lakukan pendidikan kesehatan personal hygiene gigi dan mulut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre test - post test one group design dan instrumen penelitiannya berupa kuesioner. Responden yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh seluruh siswa kelas 3 dan 4 SD Negeri Payung yang berjumlah 36 orang. Teknik sampling yang di gunakan adalah total sampling. Dari hasil penelitian didapatkan sebelum pendidikan kesehatan personal hygiene gigi dan mulut mayoritas responden berperilaku tidak baik sebesar 25 (69,4%) sedangkan yang berperilaku baik sebesar 11 (30,6%). Setelah pendidikan kesehatan personal hygiene gigi dan mulut mayoritas responden berperilaku baik sebesar 30 (83,3%) sedangkan yang berperilaku tidak baik sebesar 6 (16,7%). Saran : Diharapkan dapat memelihara personal hygiene gigi dan mulut dengan baik dan benar dan tidak melupakan cara personal hygiene gigi dan mulut sehingga terbebas dari penyakit

Keywords

Pendidikan Kesehatan , Personal Hygiene, Gigi dan Mulut

Full Text:

PDF

References

Hidayat A.A ,Pengantar Kebut Dasar Manusia:Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika, 2010

Jaidin A, Dasar Keperawatan Profesional, Jakarta : Widya Medika, 2011.

Budioro B, Pengantar Pendidikan (Penyuluhan) Kesehatan Masyarakat, Edisis Revisi, Semarang : UNDIP, 2012.

Broekopp, D.Y, Hastings, M.T,Tolsma, Dasar-dasar Riset Keperawatan, Jakarta : EGC, 2009.

Wong,L.D, Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik, Jakarta : EGD, 2010.

Mortariwansyah, Gigi Kuning, From : http://blogspot.com. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2009.

Maryono, Mekanisme Perubahan Perilaku SD, From : http://www-adlu.lib.unair.ac.id/go. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2009.

Maryono, Gigi 80% Anak Aceh Berlubang, From : http://www.serambinews.com. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2009.

Masnindar S, Sakit Gigi Bisa Ganggu Pertumbuhan Anak, From : http://www.jambi-independent.co.id. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2009.

Kusnoto J, Bau Mulut, From : http://ads.okezone.com. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2009.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.