PERBEDAAN METODE DEEP BACK MASSAGE DAN METODE ENDORPHIN MASSAGE TERHADAP INTENSITAS NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF DI PUSKESMAS PONED PLERED KABUPATEN CIREBON TAHUN 2017

Yeni Fitrianingsih, Vita Ardiana Prianti

Abstract

Nyeri paling dominan dirasakan pada saat persalinan terutama selama kala I fase aktif. Nyeri persalinan dapat menimbulkan stres yang menyebabkan pelepasan hormon yang berlebihan seperti katekolamin dan steroid. Sekresi hormon tersebut yang berlebihan akan menimbulkan gangguan sirkulasi uteroplasenta sehingga terjadi hipoksia janin. Salah satu untuk mengendalikan nyeri persalinan dengan metode non-farmakologi yaitu dengan metode deep back massage dan metode endorphine massage.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif sebelum dan setelah diberikan metode deep back massage dan endorphine massage di Puskesmas PONED Plered Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eksperiment dengan desain pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah ibu bersalin kala I fase aktif di Puskesmas PONED Plered Kabupaten Cirebon sebanyak 30 responden diberikan metode deep back massage dan 30 responden diberikan metode endorphine massage. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang diberikan langsung kepada responden. Tahapan analisis data yang digunakan adalah univariat (mean, SD dan distribusi frekuensi), bivariat (Shapiro wilk dan Wilcoxon).Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien Z sebesar 4.738 dan Asym.Sig (nilai p) sebesar 0,000 untuk metode deep back massage dan metode endorphine massage nilai koefisien Z sebesar 4.735 dan Asym.Sig (nilai p) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Asym.Sig (nilai p) < 0,05. Disimpulkan ada penurunan intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif setelah diberikan metode deep back massage dibandingkan dengan setelah diberikan metode endorphine massage.

Keywords

Kala I fase aktif, endorphine massage, deep back massage, Nyeri Persalinan

Full Text:

PDF

References

Andarmoyo, S. (2013) Persalinan tanpa nyeri berlebihan, Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.

Cohen, L.,et.al.(2007) Research Methods in Education, Revised Edition, Massachusetts: Ballinger Publishing Company.

Danu Atmaja, B. & M, M. (2008). Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit, Puspa Swara: Jakarta.

Indah, D. (2012) Pengaruh Deep Back Massage Terhadap Penurunan Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif dan Kecepatan Pembukaan Pada Ibu Bersalin Primigravida. The Indonesian Journal of Public Health, 9 37-50.

Kuswandi, L. (2011). Kehamilan dan Persalinan dengan Hipnobrithing. PT Bhuana, Ilmu Populer Kelompok Gramedia: Jakarta.

Maita,L. 2016 Pengaruh Deep Back Massage Terhadap Penurunan Rasa Nyeri Persalinan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9 186-190.

Nur Azizah, Et Al (2011) Pengaruh Endorphine Massage Terhadap Intensitas Nyeri Persalinan Kala I Persalinan Normal Ibu Primipara Di BPS S dan B Demak.

Simkin, P., Whalley, J. & Keppler, A. (2010). Panduan Lengkap Kehamilan, Melahirkan, & Perawatan Bayi. Arcan: Jakarta

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.