HUBUNGAN KONSUMSI KALSIUM DAN ORAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN GINGIVITIS PADA IBU HAMIL DI DESA CURUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN

Titin Sutriyani

Abstract


Gingivitis merupakan salah satu penyakit gigi dan mulut dengan ciri terjadinya peradangan gingiva, menyerang pada sebagian besar ibu hamil. Konsumsi kalsium dan menjaga kebersihan gigi sebelum dan selama hamil menjadi salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari gingivitis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi kalsium dan oral hygiene terhadap kejadian gingivitis pada ibu hamil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh ibu hamil yang ada di Desa Curungrejo Kecamatan kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 32 orang.Dengan teknik menggunakan sampling total sampling, didapatkan sampel sejumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, penyebaran kuesioner dan dengan dokumentasi. Analisa data dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan uji statistik diketahui bahwa tingkat konsumsi kalsium berhubungan secara signifikan terhadap kejadian gingivitis pada ibu hamil (thitung > nilai ttabel = 2.048); oral hygine berpengaruh secara signifikan terhadap kejadian gingivitis pada ibu hamil

Keywords


Gingivitis, konsumsi kalsium,kebersihan mulut, ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Dorland, Newman. (2002). Kamus Kedokteran Dorland. Edisi 29, Jakarta. EGC,1765.

Ekaputri N, Sjahruddin FLD. (2005). Hubungan Perilaku Wanita Hamil Dalam Membersihkan Gigi dan Mulut dengan Kedalaman Poket Periodontal Selama Masa Hehamilan. Jakarta, Majalah Indonesia Kedokteran Gigi.

Hasibuan , S. P. Melayu.(2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta, Bumi Aksara.

Kumar, P., and Clark, M.(2005). Clinical Medicine. 6th ed. London, UK: Elseveir Saunders.

Rintoko, B.(2005). Kebersihan mempengaruhi adanya gingivitis pada ibu hamil. Semarang, EGC.

Wardhani,DF.(2012). Hubungan Tingkat Kebersihan Rongga Mulut Dengan Status Gingiva Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sumbersari Kecamatan Sembersari Kabupaten Jember. Skripsi. Jember. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/cr.v5i2.537

Article metrics

Abstract views : 198 | views : 670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CARE

Creative Commons License
Care :Jurnal Ilmiah Ilmu kesehatan by https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats