PERAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI (TAKS) TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DAN MASALAH ISOLASI SOSIAL PASIEN (REVIEW LITERATUR)

Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas, Irawan Setyabudi

Abstract

Klien dengan masalah interaksi sosial tidak mampu membina hubungan dengan orang lain. Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi (TAKS) merupakan salah satu terapi yang penting untuk meningkatkan hubungan interpersonal yang diawali dengan individu dalam kelompok. Upaya TAKS memfasilitasi sosialisasi sejumlah klien dengan perilaku isolasi sosial secara kelompok. Pelaksanaan terapi aktivitas kelompok sosialisasi dilakukan selama tujuh sesi untuk melatih kemampuan interaksi sosial pasien. Tujuan dari pemaparan tulisan ini adalah mengetahui pengaruh terapi aktivitas kelompok sosialisasi (TAKS) terhadap kemampuan interaksi sosial pada pasien dengan masalah isolasi sosial. Pada tulisan ini menggunakan metode analisis berupa literatur review karena akan dianalisa dari penelitian yang sedang dilakukan terhadap topik atau pertanyaan terhadap suatu bagian dari keilmuan., yang berarti dari berbagai preseden literatur diambil esensinya dan dibandingkan dari segi judul, pendekatan, tujuan, dan hasilnya. Hasil didapatkan nilai p<0.05 dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terapi aktivitas kelompok sosialisasi (TAKS) terhadap kemampuan interaksi sosial pada pasien dengan masalah isolasi sosial. Saran dalam penulisan ini adalah perlu dikembangkan lagi penelitian yang berupa kualitatif sehingga dapat menggali sejauh mana kemampuan interaksi sosial pada pasien dengan isolasi sosial dan diharapkan perawat dapat memanfaatkan TAKS sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi pada klien dengan isolasi sosial.

Keywords

Terapi Aktivitas Kelompok, Kemampuan Interaksi, Isolasi Sosial

Full Text:

PDF

References

Keliat, B. A., & Akemat. (2005). Keperawatan Jiwa: terapi aktivitas kelompok. Jakarta: EGC.

Masdelita, Veny, Widia. (2013). Pengaruh Aktivitas Kelompok (TAK) Simulasi Sensori terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Pasien Dengan Masalah Isolasi Sosial. http://repository.unri.ac.id/ xmlui/bitstream/handle/123456789/4173/MANUSCRIPT%20MASDELITA.pdf?sequence=1. Diakses Tanggal 25 Agustus 2016. Pukul 01.37 WIB.

Nur, Sri, Christin. (2012). Pengaruh Pelaksanaan Terapi aktivitas kelompok Sosialisasi (TAKS) Terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Klien dengan Kerusakan Interaksi Sosial di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM Soedjarwadi Klaten Jawa Tengah. https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=6UaV9aLG8LD0gSFtJnIBg#q=Pengaruh+Pelaksanaan+Terapi+aktivitas+kelompok+Sosialisasi+(TAKS)+Terhadap+Kemampuan+Sosialisasi+pada+Klien+dengan+Kerusakan+Interaksi+Sosial+di+Rumah+Sakit+Jiwa+Daerah+Dr.+RM+Soedjarwadi+Klaten+Jawa+tengah. Diakses Tanggal 25 Agustus 2016. Pukul 01.33 WIB.

Surya, Atih, Wan. (2012). Pengaruh Pemberian Terapi Aktivitas kelompok Sosialisasi terhadap Perubahan Perilaku Klien Isolasi Sosial. https://www.google.co.id/?gws rd=cr&ei=6UaV9aLG8LD0gSFtJnIBg#q=Pengaruh+Pemberian+terapi+Aktivitas+kelompok+Sosialisasi+terhadap+Perubahan+Perilaku+Klien+Isolasi+Sosial. Diakses Tanggal 25 Agustus 2016. Pukul 01.35 WIB.

Vivin, Mamnuah, Tiwi.(2014). Pengaruh terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pasien Isolasi Sosial di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta. https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=6UaV9aLG8LD0gSFtJnIBg#q=Pengaruh+terapi+Aktivitas+Kelompok+Sosialisasi+terhadap+Kemampuan+Interaksi+Sosial+Pasien+Isolasi+Sosial+di+Rumah+Sakit+Jiwa+Grhasia+Yogyakarta. Diakses Tanggal 25 Agustus 2016. Pukul 01.30 WIB.

Wayan, Lilis. (2010). Efektifitas Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi terhadap Perubahan Perilaku Klien Isolasi Sosial di Ruang Abimanyu, Ruang Maespati dan Ruang Pringgodani Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Jiki/article/view/113. Diakses Tanggal 25 Agustus 2016. Pukul 01.40 WIB.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.