KONTRIBUSI OLAHRAGA TERHADAP INTENSITAS NYERI SENDI PADA LANSIA DI POSYANDU PERMADI KECAMATAN LOWOKWARU KABUPATEN MALANG

Swaidatul Masluhiya AF, Elita Mega Selvia Wijaya

Abstract

Nyeri sendi adalah suatu akibat yang diberikan tubuh karena pengapuran atau akibat penyakit lain. Pada umumnya nyeri sendi dialami oleh seorang lansia. Intensitas nyeri sendi adalah tingkat keparahan nyeri pada sendi yang dirasakan oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta bahwa kegiatan olahraga mempengaruhi intensitas nyeri pada Lansia di Posyandu Permadi Kecamatan Lowokwaru Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasinya yaitu seluruh lansia yang berusia 60 tahun ke atas yang mengunjungi Posyandu Lansia Permadi RT 02 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Malang, berjumlah 165 lansia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 lansia. Kegiatan olahraga yang dilakukan lansia seperti senam lansia, lari pagi dan aktivitas ringan seperti mencuci piring serta memasak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dengan tingkat signifikan ≤ 0,05. Responden yang tidak pernah olahraga mengakibatkan intensitas nyeri sendi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 14 responden (43%), sebanyak 6 responden (18%) jarang melakukan olahraga dengan intensitas nyeri sendi berada pada kategori sedang, dan sebanyak 2 responden (6,1%) sering olahraga dengan intensitas nyeri sendi pada kategori ringan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa olahraga memiliki kontribusi terhadap intensitas nyeri sendi pada lansia. Lansia yang melakukan olahraga teratur bermanfaat memperbaiki kondisi kekuatan dan kelenturan sendi serta memperkecil resiko terjadinya kerusakan sendi akibat radang sendi.

Keywords

Intensitas, lansia, nyeri sendi,olahraga

Full Text:

PDF

References

BPS Jatim. (2015). Badan Pusat Statistik Jawa Timur. Diakses di http://www.bpsjatim.com/ (diakses 16 April 2016)

Darmojo, H. (2010). Geriatrik (Ilmu Kesehatan Usia lanjut) edisi 3. , Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Depkes R.I. (2008). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Depkes RI. (2003). Indikator Indonesia Sehat 2010 dan Pedoman Penetapan Indikator Provinsi Sehat dan Kabupaten/Kota Sehat. Jakarta.

Depkes RI. (2015). Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Depkes.

Dorland’s Medical Dictionary.(2007). Aerobic Exercise. Available from: http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/exercise (diakses 15 September 2016)

Gale Encyclopedia of Medicine.(2008). Exercise. Available from: http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/exercise (diakses 15 September 2016)

Hembing. (2013). Penyakit Reumatologi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kusmindarti. (2015). Perubahan Intensitas Nyeri Sendi Rheumtoid Artritis Pada Lansia Dengan Pemberian Teknikrelaksasi Kombinasi Kompres Hangat Dan Dingin. Jurnal: Stikes Bina Sehat Ppni Mojokerto (Vol. 5. No.12). Diakses di http://www. stikesbspm.com (diakses 14 September 2016)

Mubarak, Wahit Iqbal, dkk.. (2009). Ilmu Keperawatan Komunitas; Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Salemba Medika.

Notoadmodjo S.(2014). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta

Nugroho. (2014). Keperawatan Gerontik &Geriatrik Edisi 3. Jakarta: EGC.

Potter, P., A. & Perry, A., G. (2012). Fundamental Keperawatan Volume. Jakarta: EGC.

Purnomo, J. (2010). Hubungan Antara Tingkat Pengetahua Tentang Penyakit Nyeri Sensi Dengan Sikap Lansia Dalam Mengatasi Kekambuhan Penyakit Nyeri Sensi Di Posyandu Lansia Kalurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiadi. (2010). Pedoman Praktis Perawatan Kesehatan untuk Mengasuh Orang Usia Lanjut. Jakarta: PKUI.

Setyoadi., Noerhamdani., Ermawati. (2011). Perbedaan Tingkat Kualitas Hidup Pada Wanita Lansia Di Komunitas dan Panti. Jurnal Keperawatan Volume 2 Nomor 2 ISSN: 2086-3071. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Malang. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/viewFile/621/641_mm_scientific_journal.pdf (23 September 2016)

Simanullang, P. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Kekambuhan Nyeri Sendi Pada Lanjut Usia (Lansia) Di Wilayah Kerja Puskesmas Darusalam Medan. Jurnal: Universitas Sumatra Utara (Vol. 2. No.10). http://www.usu.com (diakses 14 September 2016)

Wirakusumah, E.S. (2000). Tetap Bugar di Usia Lanjut. Jakarta: Trubus agriwijaya.

Yatim F. (2006). Penyakit Tulang dan Persendian. Jakarta: Pustaka Obor Populer. Ed.1,: 32-51.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.