TINGKAT ANEMIA BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ABORTUS PADA IBU HAMIL

Indah Jayani

Abstract

Kekurangan zat besi pada wanita hamil dapat menyebabkan gangguan ataupun hambatan pada pertumbuhan janin, baik sel tubuh maupun sel otak. Anemia gizi dapat mengakibatkan kematian janin didalam kandungan, abortus, cacat bawaan, BBLR, anemia pada bayi yang dilahirkan. Perdarahan yang banyak menyebabkan kematian ibu.Penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat anemia dengan kejadian abortus pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Ngadi kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelasional dengan pendekatan crossectional dengan menggunakan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Puskesmas Ngadi kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dengan sampel sejumlah 77 orang, diperoleh dengan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengumpul data. Analisa data menggunakan rank spearman.Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan tingkat anemia sebagian besar mengalami anemia yaitu 49 orang (63,6%) dan berdasarkan kejadian abortus sebagian besar mengalami abortus yaitu 42 orang (54,5%). Analisis bivariat menggunakan uji spearman rank didapatkan hasil nilai ρ value = 0,000 <α = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima maka ada hubungan antara tingkat anemia dengan kejadian abortus, dengan nilai coefficient correlation sebesar r=0,812.Diharapkan ibu hamil yang pernah mengalami abortus lebih menjaga kehamilannya dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya abortus yaitu dengan teratur berkunjung melakukan pemeriksaan kehamilannnya sehingga dapat dimonitor kesehatannnya. Selain itu juga para ibu hamil dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan makan dan gizi seimbang terutama konsumsi zat besi agar tidak terjadi anemia yang merupakan salah satu faktor predisposisi terjadinya abortus.

Keywords

anemia, abortus, ibu hamil

Full Text:

PDF

References

Bantuk Hadijanto.(2008). Pendarahan pada Kehamilan Muda In: Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta , PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo : 459-473. Cunningham. (2010). Williams Obstetrics 21st. USA: The Mc Graw Hill Companies, Inc.

Depkes. (2009). Kebijakan Depkes Dalam Penurunan AKI Dan AKB. Jakarta

Dewi, Vivian,N. (2011). Asuhan Neonatus Bayi dan Balita, Jakarta: Salemba Medika

Hermiyanti, Sri. (2008). Kebijakan Operasional Percepatan Penurunan Angka Kematian. Direktur Bina Kesehatan Ibu Ditjen Bina Kesmas.

Lubis, Z. (2003).Status Gizi Ibu Hamil Serta Pengaruhnya Terhadap Bayi Yang Di Lahirkan. Source:http://pustaka.ictsleman.net/how/k/kesehatan/12_status_gizi_i bu_hamilManuaba IBG. 2001. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin Obstetri Ginekologi dan KB. Jakarta: EGC

Manuaba, IBG. (2007). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC.

McKenzia, F., Zames, Pinger, R., Robert, Kotecki, E., Jerome.( 2007). Kesehatan Masyarakat Suatu Pengantar (Terjemahan Palupi Widyastuti), Jakarta: EGC

Prawirohardjo,Sarwono.(2002).Ilmu Kebidanan. Jakarta:Yayasan Bina Pustaka

Prodi Bidan Pendidik (D.IV), FIK-UNIK.( 2013). Pedoman penyusunan dan penulisan skripsi program sarjana dan profesi tahun akademik 2013-2014. Kediri : UNIK.

Proverawati, Atikah, dan Erna K. (2011). Ilmu Gizi untuk Keperawatan dan Gizi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Pudjiadi, Solihin. (2003). Ilmu Gizi Klinis pada Anak. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Saifuddin.(2002). Buku Acuan : Asuhan Persalinan Normal. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Survey Demografi Kesehatan Indonesia. (2007). Angka Kematian Bayi.

Wiknjosastro H. (2005).Ilmu Kandungan Ed 2. Jakarta : EGC. 2005. P-78

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.