STUDI RETROSPEKTIF KARIES DENTIS PADA IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN LAHIR DI PUSKESMAS LARANGAN

Yeni Fitrianingsih, Suratmi Suratmi

Abstract

Tujuan MDGs pada poin 5 sejalan dengan tujuan Pregnancy Risk Assessment Monitoring System (PRAMS) yaitu memperbaiki dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil. Kesehatan gigi dan mulut yang buruk pada ibu hamil dapat memberi efek terhadap janin seperti bayi prematur dan berat badan lahir rendah disamping terhadap kesehatan gigi dan mulut bayi nantinya. Banyak faktor yang juga dikaji sebagai faktor yang mempengaruhi berat badan lahir antara lain umur, paritas, pekerjaan, kadar hemoglobin( Hb) , status KEK dan frekuensi pemeriksaan kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karies dentis pada ibu hamil dengan berat badan lahir di Puskesmas Larangan. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan kohort retrospektif/.Populasi adalah seluruh ibu yang melahirkan di Puskesmas Larangan bulan Januari sampai dengan Desember 2013, dengan sampel sejumlah 32 orang.Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisa data dengan uji independent t test. Hasil diketahui sebagian besar ibu hamil tidak mengalami karies gigi yakni 21 orang ( 61,8%) ; berat badan bayi normal yaitu 26 ( 76,5%);dan simpulkan bahwa tidak ada hubungan antara karies dentis dengan berat badan lahir serta kadar Hb mempunyai hubungan erat dengan badan lahir. Direkomedasikan melakukan pemantauan kadar Hb sebagai upaya mencegah kejadian berat badan lahir rendah.

Keywords

BBLR, karies, ibu hamil

Full Text:

PDF

References

Dewi, V. N. L.(2010). Asuhan Neonatus Bayi dan Balita. Jakarta: Salemba Medika

Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat, 2007

Israr.(2007). Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). Riau: Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Kristiyanasari, W. (2011). Asuhan Keperawatan Neonatus dan Anak. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mona.T.L,Krakowiak.P, Hujoel.P and Peters.M.R. (2004) .Dental Care Use and Self-Reported Dental Problems in Relation to Pregnancy .American.J.of Public Health 2004;94:5.765-70

Profil Dinas Kesehatan Kota Cirebon.(2013)

Sudarti, dkk., (2012). Asuhan Pertumbuhan Kehamilan, Persalinan, Neonatus, Bayi dan Balita. Yogyakarta: Nuha Medika.

Varney, H.(2006). Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta : EGC

Wiknjosastro, H.(2008).Ilmu Kebidanan. Edisi IV. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.