HUBUNGAN WAITING TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN PRIORITAS 3 DI INSTALASI GAWAT DARURAT RS WALUYA SAWAHAN MALANG

Yeni Kristiani, Ani Sutriningsih, Vita Maryah Ardhiyani

Abstract

Instalasi Gawat Darurat merupakan suatu unit pelayanan di Rumah Sakit yang harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat agar tujuan dari pelayanan gawat darurat tercapai dan sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. Waiting Time merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktek pelayanan kesehatan. Waiting Time merupakan salah satu aspek dari dimensi mutu pelayanan, apabila Waiting Time dikelola dengan baik, hasilnya adalah didapatkan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Waiting Time dengan kepuasan pasien prioritas 3 di IGD RS Panti Waluya Sawahan Malang.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan secara cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien prioritas 3 yang didapatkan dengan metode purposive sampling sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan stopwatch untuk Waiting Time sedangkan untuk mengetahui kepuasan pasien didapatkan dengan cara memberikan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statitsik korelasi pearson product moment.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden Waiting Time tepat sebanyak 27 orang (90%), sedangkan untuk kepuasan pasien sebagian besar sangat puas terhadap pelayanan sebanyak 18 orang (53%), dan ada hubungan yang cukup antara Waiting Time dengan Kepuasan pasien prioritas 3 di IGD RS Panti Waluya Sawahan Malang (p 0,025<0,05) dan r = 0,408. Pasien dengan Waiting Time yang tepat memiliki tingkat kepuasan yang lebih besar

Keywords

IGD, kepuasan pasien, Waiting Time

Full Text:

PDF
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.