Campuran Jus Labu Siam (Sechium Edule (Jacq.Sw) Dan Mentimun (Cucumis Sativus L) Menurunkan Tekanan Darah

Laila Sari Mawadati, Fitri Komala Sari, Hafidhotun Nabawiyah

Abstract

Hypertensi adalah penyakit tidak menular yang sering disebut silent killer. Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, asupan garam, genetik, dan lain sebagainya. Tujuan menganalisis pengaruh campuran jus labu siam dan mentimun terhadap tekanan darah dan analisis sensorik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental pre-post. Analisis data menggunakan uji statistik Mann-Whitney untuk kedua kelompok sebelum dan sesudah intervensi. Sample dikumpulkan menggunakan quota sampling dengan 66 responden dibagi menjadi 2 kelompok (mentimun 70 gr, labu siam 30 gr, 200 ml air, dan mentimun 30 gr, labu siam 70 gr, air 200 ml) dan Wilcoxon untuk hasilnya. Uji hedonik dan mutu hedonik independen t-test untuk hasil. Uji hedonik menunjukkan kedua formula dapat diterima masyarakat dengan nilai rata-rata suka dan agak suka. Uji mutu hedonik ditemukan perbedaan antara dua formula rasa (p = 0,011) dan aroma (p = 0,002). Hasil uji statistik sistolik dan diastolik tekanan darah antara dua kelompok menunjukkan signifikansi sebelum dan setelah pada sistol (p = 0,005), diastol dengan (p = 0,003) pada kelompok formula 1, dan formula 2 kelompok sistol dengan (p = 0,013) dan diastol (p = 0,012). Terdapat perubahan yang signifikan pada tekanan darah setelah perlakuan kedua formulasi dengan 1 kali sehari selama satu minggu.

Keywords

labu siam; mentimun; sensori analisis; tekanan darah

Full Text:

PDF

References

Arjawa MEI, Ansharullah, Faradilla RH F. 2018. Pengaruh Campuran Jus Ketimun, Melon, dan Semangka terhadap Tekanan Darah Penderita di Wilayah Puskesmas Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan. Vol. 3, No 4.

Barus M, Agustaria G, Agnes J T. 2019. Terapi Jus Mentimun Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Mutiara Ners. Vol.2. No.2.

Hikmah, Hera H, Eka. 2018. Pengaruh Pemberian Jus Labu Siam Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Wanita Lanjut Usia Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Vol.6 (2) 2018.

Kusumastuty I, Widyani D, Rahayu E S. 2016. Asupan Protein dan Kalium Berhubungan dengan Penurunan Tekanan Darah Paien Rwat Jalan. Jurnal Nutrisi Manusia Indonesia. Vol. 3 No. 1

Nur YIS. 2017. Berdamai Dengan Hipertensi . Jakarta. Bumi Medika .

Nurhalimah S, Milwati S, Sulasmini. 2018. Pengaruh Labu Siam (Cucurbitaceae) Terhadap Tekanan Darah Dan Kolesterol Pada Pasien Hipertensi Di Kelurahan Tlogomas Malang. Berita Keperawatan. Vol. 3. Nomor 1.

Pertami SB, Budiono, Dian Y. 2017. Pengaruh Jus Mentimun ( Cucumis Sativus) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia. Kesehatan Masyarakat Penerbit YCAB Indonesia, Vol. 3, Edisi 1.

Salakory JA. 2019. Asuhan Keperawatan Pemberian Jus Mentimun Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Wilayah Kerja Puskesmas Wamlana Kecamatan Fena Leisela Kabupaten Buru. Ilmu Kesehatan Global. Vol.1 Edisi 1.

Septiana A. 2019. Penerapan Pemberian Jus Mentimun + Pepaya + Semangka Terhadap Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Nogosari Kabupaten Boyolali . Program studi Diploma III Keperawatan. Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Surakarta.

Smeltzer, SC, dan Bare, BG 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8 Vol. 2 Alih bahasa: Hartono, A, dkk, Editor edisi Bahasa Indonesia: Ester, dkk. Jakarta: EGC.

Syam N. 2016. Pengaruh Rendam Air Hangat Pada Kaki Dan Konsumsi Jus Mentimun Terhadap Hipertensi Pada Lansia. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Utami RS. Erindra BC, Endang L. 2018. Pengaruh Pemberian Jus Labu Siam Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Wanita Lanjut Usia Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. Vol.6 no.6.

Wahyuningsih R. 2013. Penatalaksanaan Diet Pada Pasien . Yogyakarta. Graha Ilmu.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.