E-MONITORING INTERAKTIF MENINGKATKAN REFLEKSI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN
Abstract
Keywords: Interactive E-Monitoring; Learning Outcomes; Learning Motivation and Self Reflection.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AIPKIND (2018) Panduan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Diploma III Kebidanan. 1. Jakarta: Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND)
BPKPPKKR.(2010). Bahan Materi : Pertemuan Koordinasi Pengelola Penyelenggara DIKNAKES. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat PendidikanTenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Ermiza. (2017).Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester VI di Program Studi DIII Kebidanan STIKes Fort De Kock BukittinggiTahun 2013. Jurnal Maternity and Neonatal2:3.
Hong WH VJ, Daniel EGS, Sim JH. (2015). Thinking about thinking: changes in first-year medical students’ metacognition and its relation to performance. Medical Education Online20:1.
Kurniawati, et.al.(2014). Hubungan Karakteristik Pembimbing Klinik Dengan Keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Normal Pada Mahasiswa Program Diploma III Kebidanan. IJEMC 1:8.
Koole S et.al.(2012). Does reflection have an effect upon case-solving abilities of undergraduate medical students?BMC Medical Education.12:1.
Levy LS SP, Willeford KS, Barnum MG, Guyer MS, Gardner G, et al. (2009).Clinical instructor characteristics, behaviors and skills in allied health care settings: A literature review. Athletic Training Education Journal 4:1.
Mariana G.H. (1998). Provide Feedback In Medical Education. JGIM. 13:10.
Molloy E. (2013) Feedback models For Learning, Teaching And Performance. Education and technology Communication Research 4:1.
Nurhasanah et.al. (2014). Pengaruh Penerapan SistemMentor Terhadap Pencapaian keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Mahasiswa Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon. IJEMC 1:1.
Oktaria D. (2015).Refleksi Diri Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran di Fakultas Kedokteran. Lampung: FK Universitas lampung
Purnomo TN S. (2016). Metacognition Process Characteristics Of The Students In Solving Mathematics Problem. IOSR Journal of Research &Method in Education (IOSR-JRME)6:5.
Poltekkes Bandung. (2003).Laporan Penilaian Program Preseptor Mentor Pada Program Studi Kebidanan Poltekkes Kesehatan Bandung. Bandung: Politeknik Kesehatan Bandung.
Ramdani R. (2014). E-Learning Sebagai Media Pelengkap Pembelajaran Konvensional Pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY 4:1.
Sari RKS, Qusuma IF, (2015).Peran Pembimbing Klinik dan Pelaksanaan Keselamatan Pasien Oleh Mahasiswa Profesi Ners.Unissula Nursing Conference; Semarang. Semarang: Unissula Press.
Shafira NNA. (2015). Penerapan Refleksi diri dan Self Evaluation Sebagai Keterampilan dasar Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pada mahasiswa kedokteran. JMJ 3:1.
Sulisworo SPA. (t.t) Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia
Syah M. (2012). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rineka Cipta.
Wijaya M. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar.Jurnal Pendidikan Penabur 19:2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.