PERBEDAAN ANTARA PEMBERIAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH, PRESENTASI DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III TENTANG IMUNISASI DASAR PADA BAYI USIA 0-11 BULAN

Sri Handayani, Vivin Yuni Astutik

Abstract

Metode pengajaran yaitu suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik. Pencapaian prestasi belajar yang kurang maksimal dikarenakan pembelajaran yang berlangsung terlalu pasif. Terlihat bahwa pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centered), sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan awal yang dimiliki. Ternyata ketika guru menyampaikan materi pada pelajaran teori, guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode konvensional, guru kurang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran ini
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Perbedaan antara pemberian metode pembelajaran ceramah, presentasi dan resitasi terhadap hasil belajar mahasiswa semester III tentang imunisasi dasar pada bayi usia 0-11 bulan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan tes tulis dan observasi dengan populasi 68 mahasiswa asrama dan sampel yang diambil berjumlah 45 Responden dengan simple random sampling. Data ini diolah menggunakan T-test.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar mahasiswa yaitu metode resitasi memiliki rata-rata lebih tinggi dari ceramah dan presentasi. Dari uji statistik dengan T-test diperoleh t hitung pada ranah kognitif metode presentasi 28.831, ceramah 20.579 dan resitasi 34.013 yang lebih besar daripada t tabel 3.605. sehingga t hitung>t tabel (28.831>3.605 dan 20.579>3.605 serta 34.013>3.605). Dari pengolahan data dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara pemberian metode pembelajaran ceramah, presentasi dan resitasi terhadap hasil belajar mahasiswa semester III tentang imunisasi dasar pada bayi usia 0-11 bulan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.