HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, MOTIVASI IBU DAN KONDISI LINGKUNGAN DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 5 TAHUN DI TK. IMMACULATA KEPANJEN, MALANG

drh. Awang Teja Satria, Siti Nurjanah

Abstract

Toilet training merupakan latihan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak karena dengan toilet training anak mulai dilatih untuk mengontrol kemampuan fisiknya, yaitu melatih mengontrol spingter anus dan uretra yang kadang-kadang tercapai setelah ± 18-24 bulan. Di TK. Immaculata, masih ditemukan anak usia 5 tahun yang BAB dan BAK di celana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, motivasi ibu, dan kondisi lingkungan terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia 5 tahun di TK. Immaculata, Kepanjen, Malang. Penelitian ini dilakukan di TK. Immaculata, Kepanjen. Metode yang digunakan adalah dengan metode kuisioner. Jumlah populasinya sebanyak 30 dan sample yang digunakan sebanyak 30 responden. Dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan penelitian tersebut, didapat bahwa variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 8,936 > 2,052. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 11,977 > 2,052. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 8,913 > 2,052. Variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan oleh nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai F0,05 yaitu 137,995 > 3,35. Jadi dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dari hasil pengujian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda tentang hubungan pengetahuan, motivasi ibu dan kondisi lingkungan di TKK. Immaculata, Kepanjen, Malang, bahwa ketiga variable tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia 5 tahun

Keywords

pengetahuan, motivasi ibu, keadaan lingkungan dan toilet training

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.