HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN POLA GIZI TERHADAP TINGKAT NYERI DISMENORE PADA MAHASISWI D-IV BIDAN PENDIDIK UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI

dr. Yusnita Julyarni, Donny Yunamawan LS

Abstract

Remaja putri merasakan tingkat kram perut dengan frekuensi yang tinggi pada saat menstruasi, yaitu nyeri dibagian bawah perut yang kadang meluas ke pinggang, punggung bagian bawah atau paha. Selain permasalahan tersebut, hal lain yang dapat terjadi yakni menstruasi yang tidak teratur. Hal tersebut diakibatkan oleh kadar hormon yang dipicu stres atau dalam kondisi emosi. Selain itu, terjadinya perubahan dalam kegiatan olahraga atau perubahan berat badan secara drastis juga memicu menstruasi yang tidak teratur (Anurogo, 2009).
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Tingkat Stres Dan Pola Gizi Terhadap Tingkat Nyeri Disminore Pada Mahasiswi D-IV Bidan Pendidik Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Penelitian ini menurut caranya termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini akan dilakukan di lingkup kampus UNITRI Malang, Pada penelitian ini populasinya jumlah 139 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan perhitungan rumus regresi linier berganda.
Hasil analisa menunjukkan bahwaFhitungyaitu 31,276 lebih besar dari nilai F tabel yaitu 3,09, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat stres (X1), pola gizi (X2) secarabersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat nyeri dismenore dengan nilai signifikan 0,000 < α (0,05). Dari nilai thitung variable X1 -(6,250) > ttabel(1,66039) dan thitung variable X2 (2,711) > dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan X2 masing-masing berpengaruh terhadap variabel Y, yang membuktikan bahwa hipotesis penelitian diterima. Tanda (-) pada variabel tingkat stres hanya menunjukkan arah hubungan antara variabel tingkat stres (X1) terhadap variabel tingkat nyeri dismenore (Y) berbanding terbalik artinya setiap kenaikan varia beltingkat stres (X1) akan berpengaruh terhadap penurunan variabel tingkat nyeri dismenore (Y)

Keywords

tingkat stres, pola gizi, tingkat nyeri dismenore

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.