FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN IMUNISASI DI DESA GAMPINGAN KECAMATAN PAGAK

Susy Chuty, Titin Sungatini

Abstract

Imunisasi adalah suatu upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan kuman yang sudah dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh, diharapkan tubuh dapat menghasilkan zat anti yang pada saatnya nanti digunakan tubuh untuk melawan kuman atau bibit penyakit yang menyerang (Sudarmanto, 1997). Akan tetapi separuh dari kematian yang terjadi pada anak berusia dibawah satu tahun diakibatkan oleh batuk rejan, sepertiganya oleh polio dan seperempat disebabkan oleh campak, hepatitis B dan TBC serta penyakit lain yang mematikan. Semua penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian imunisasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey analitik. Populasi dalam penelitian adalah seluruh balita di desa Gampingan Kecamatan Pagak. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok sampel yaitu kelompok kasus dan kelompok control. Kelompok kasus terdiri dari balita yang imunisasinya tidak lengkap dengan jumlah responden 25 responden, dan kelompok control yang terdiri dari 25 responden yang imunisasinya lengkap.
Penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung pada subjek penelitian dan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif (tabulasi silang) dan juga menggunakan model regresi linier sederhana. seluruh proses analisis menggunakan alat bantu komputer SPSS (Statistical Program For Sosial Science) for windows. Untuk uji hipotesa ini menggunakan HI dengan tingkat signifikan  : 0,05. Keseluruhan faktor yang diteliti dalam penelitian ini didapatkan bahwa masing-masing memberikan pengaruh terhadap kepatuhan imunisasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil Chi-Square test kesesuaian faktor yang diteliti dengan kepatuhan imunisasi dengan taraf signifikansi 5% dan dk=2, dihasilkan bahwa nilai x2hitung keseluruhan faktor tersebut > x2tabel. Yang berarti bahwa faktor motivasi, sosial ekonomi, pengalaman, pendidikan/pengetahuan, letak geografis dan fasilitas kesehatan memberikan pengaruh terhadap kepatuhan imunisasi

Keywords

motivasi, sosial ekonomi, pengalaman, pendidikan/pengetahuan, letak geografis, fasilitas kesehatan, kepatuhan imunisas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.