KAJIAN METODE PERSALINAN NORMAL DENGAN BANTUAN CERMIN PADA PERSALINAN KALA II IBU PRIMIGRAVIDA DI RUMAH SAKIT PARU BATU

Ahisa Novianti, Rokhamah Rokhamah

Abstract

Dalam wawancara yang dilakukan di Rumah Sakit Paru Batu didapatkan 3 ibu yang menjalani persalinan dengan waktu bersalin kurang lebih 90 menit dan 1 ibu bersalin dengan waktu 60 menit. faktor yang mempengaruhi persalinan tergantung dari emosional atau psikis seorang ibu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Lokasi Penelitian ini bertempat di Rumah Sakit Paru Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2014 hingga Maret 2015. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 20 sampel yang akan dibagi menjadi dua yaitu kelompok A adalah kelompok perlakukan (10 ibu) kelompok B adalah kelompok kontrol (10 ibu). Pada penelitian ini, variable bebas yang dimaksud adalah variable cara persalinan (X) Persalinan, sedangkan variabel tidak bebas dalam penelitian ini adalah variable Rasa Sakit (Y). Untuk menguji hypotesis tersebut digunakan pendekatan uji-t tidak berpasangan (Budiarto, 2002).
Berdasarkan hasil pembahasan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut metode persalinan normal dengan bantuan cermin merupakan metode yang efektif karena dapat mempercepat proses persalinan kala II pada ibu primigravida di RSP. Batu tahun 2008. Hal ini dibuktikan dengan waktu rata-rata yang diperlukan oleh ibu bersalin dengan menggunakan cermin pada saat kala II adalah 13 menit sedangkan yang tidak menggunakan cermin rata-rata waktu yang diperlukan adalah 25 menit

Keywords

Persalinan, Rasa Sakit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.