HUBUNGAN TINGGI BADAN DAN NUTRISI IBU HAMIL DENGAN RESIKO TERJADINYA KEKURANGAN ENERGI KRONIS PADA IBU HAMIL TM II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TUREN

Vivin Yuni Astutik, Ika Winarningrum

Abstract


Kekurangan Energi Kronis (KEK) adalah keadaan di mana ibu hamil mengalami kekurangan gizi (kalori dan protein) yang berlangsung lama atau menahun. Resiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) adalah keadaan di mana seseorang mempunyai kecenderungan menderita KEK. Seseorang dikatakan menderita risiko KEK bilamana LILA (Lingkar Lengan Atas) <23,5 cm (Chinue, 2009).
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Hubungan Tinggi Badan dan Nutrisi dengan Resiko Terjadinya Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil Trimester II di Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini didesain sebagai penelitian kuantitatif dengan metode analititk. Pendekatan penelitian ini menggunakan cross sectional yaitu data yang menyangkut variabel bebas dan variabel terikat akan dikumpulkan dalam waktu bersamaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu-ibu hamil Trimester II sebanyak 30 orang.
Hasil analisa data menunjukkan variabel X1 (Tinggi Badan) nilai thitung >ttabel yaitu 0,724 <2,045 yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan terhadap resiko terjadinya Kekurangan Energi Kronis, sedangkan Variabel X2 (Nutrisi ibu Hamil) dengan nilai thitung> ttabel yaitu (4,018) >(2,045) yang berarti ada hubungan yang signifikan terhadap Resiko Terjadinya Kekurangan Energi Kronis. Nilai Fhitung> Ftabel yaitu 4,018 > 2,045 yang berartinya adanya pengaruh yang signifikan antara variabel Tinngi Badan (X1) dan Nutrisi ibu hamil (X2) dengan Resiko terjadinya Kekurangan Energi Kronis(Y). Dengan nilai Rsquare sebesar 0,377 yang artinya bahwa variabel bebas Tinggi Badan(X1) dan Nutrisi Ibu Hamil (X2) memiliki hubungan terhadap Resiko Terjadinya Kekurangan EnerginKronis (Y) sebesar 37,7% sedangkan 62,3% lainnya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Yang lebiih dominan dari kedua variabel bebas tersebut adalah variabel X2 (Nutrisi Ibu hamil) yang dapat dilihat dari nilai thitung (4,018) > ttabel (2,045)

Keywords


Tinggi badan, Nutrisi inu hamil, Resiko KEK

Full Text:

PDF

Article metrics

Abstract views : 51 | views : 441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.