HUBUNGAN KONDISI BERMAIN, TINGKAT KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU DENGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4 TAHUN DI PAUD KRIDA PUTRA DONOMULYO

Suhartik ,, Anis Zuni Rohmania

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani. Aspek-aspek perkembangan anak usia dini yang dikembangkan melalui PAUD meliputi fisik-motorik, intelektual, moral, emosioal, sosial, bahasa, dan kretifitas.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan kondisi bermain,tingkat komunikasi orang tua dan guru dengan keterampilan motorik halus pada anak usia 4 tahun di paud krida putra donomulyo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan cros sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dan analisa yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Hasil analisa data menunjukan bahwa pada variabel kondisi bermain didapatkan nilai Thitung> T0,05 yaitu 2.902 > 2.021, pada variabel tingkat komunikasi orangtua nilai Thitung> T0,05 yaitu 2.363 > 2.02, dan pada variabel komunikasi guru nilai Thitung> T0,05 yaitu 7.823 > 2.021. sedangkan dilihat dari nilai Fhitungdidapatkan nilai Fhitung> F0,05yaitu 82.443>2,44 dengan R square 0.826 atau 82,6%, yang artinya ada hubungan yang signifikan antara Kondisi Bermain, Tingkat Komunikasi Orangtua, dan Guru Dengan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 4 Tahun di Paud Krida Donomulyo.

Keywords

kondisi bermain, komunikasi orangtua dan guru, motorik halus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.