PENGARUH PEMBERIAN KOPI MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA) TERHADAP TEKANAN DARAH WANITA MENOPAUSE DI DESA GEDOK KULON

Tri Wiji Lestari, Winarni Winarni

Abstract

Prevalensi terjadinya hipertensi pada pria sama dengan wanita. Namun wanita terlindung dari penyakit kardiovaskuler sebelum menopause. Wanita yang belum mengalami menopause dilindungi oleh hormon estrogen yang berperan dalam meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL).Perubahan hormonal setelah menopause dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti hipertensi, penyakit jantung, kanker dan osteoporosis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan obat herbal yaitu buah mengkudu yang diolah dalam bentuk kopi terhadap penurunan tekanan darah pada wanita menopause tersebut.
Desain penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua wanita menopause di Desa Semen Pinggir Kabupaten Bojonegoro. Sampel berjumlah 30 orang wanita menopause dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan uji T-test, Untuk mempermudah dan menjaga validitas hasil analisis, maka seluruh proses analisis menggunakan alat bantu komputer SPSS (Statistical Program for Sosial Science) for window.
Dari hasil penelitian 30 wanita menopause, diperoleh tekanan darahsistol yang turun adalah 83,37%, tetap 10% dan naik 6,67%. Sedangkan pada tekanan darah diastol mengalami penurunan sebesar 63,33%, tetap 36,67% dan tidak didapatkan kenaikan tekanan darah diastole. Dari uji statistik dengan t-test menghasilkan thitung sistol sebesar 4,032. Sedangkan beda antara tekanan darah diastol sebelum dan sesudah pemberian, menghasilkan thitung sebesar 3,971 dengan df 58 dan α =0,05. Dari df dan α tersebut, maka nilai ttabel dapat ditentukan yaitu 2,042. Dapat disimpulkan dari dua perhitungan tersebut apabila thitung> ttabel (sistol = 4,032>2,042 dan diastol = 3,971>2,042), maka H1 diterima yang berarti ada pengaruh pemberian kopi mengkudu (Morinda Citrifolia) terhadap tekanan darah pada wanita menopause yang mengalami hipertensi

Keywords

Kopi Mengkudu, Tekanan Darah Wanita Menopause

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.