HUBUNGAN KONDISI AIR MINUM, TINGKATAN ASUPAN NUTRISI DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA USIA 1-5 TAHUN DI KLINIK MELATI HUSADA PURWODADI KABUPATEN MALANG

Awang Teja Satria, Sri Indah

Abstract

Berdasarkan data yang didapatkan dari Klinik Melati Husada Purwodadi Kabupaten Malang terdapat 34 balita yang menderita diare pada bulan Desember 2015 sampai Januari 2016. Dan berdasarkan dari hasil wawancara yang telah dilakukan didapatkan 1 ibu yang jarang merebus air minum sebelum dikonsumsi, 2 ibu yang jarang mencuci tangan menggunakan sabun, dan 1 ibu mengatakan bahwa anaknya sering membeli makanan pada pedagang diluar rumah.
Desain penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross secsional. Penelitian ini akan dilakukan di Klinik Melati Husada Purwodadi Kabupaten Malang. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - April 2016. Sampel yang digunakan adalah seluruh balita sakit diare yang datang ke tempat penelitian. Sampel yang digunakan adalah 34 balita usia 1-5 tahun. Analisa yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis regresi linear berganda. Analisis regresi linear berganda.
Dari hasil analisa Rsquare pada X1 (Kondisi Air Minum) sebesar 0,154 (15,4%). Nilai Rsquare pada X2 (Pemberian Nutrisi) sebesar 0,079 (7,9%). Nilai Rsquare pada X3 (Personal Hygiene) sebesar 0,271 (27,1%). Dilihat dari nilai analisa Rsquarevariabel dependent (Y) mempunyai pengaruh yang kuat atau dominan variabel independent adalah X3 (Personal Hygiene) yaitu 0,271 (27,1%)

Keywords

Kondisi Air Minum; tingkatan Asupan Nutrisi dan Personal Hygiene dengan Kejadian Diare

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.