STUDI TENTANG PEMBERIAN PARE, JINTAN HITAM DAN JUS SEMANGKA TERHADAP KONDISI ASI DI DESA PANDANREJO KECAMATAN WAGIR

Noor Lianti Megasari, Silvia Nike Saputri

Abstract

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2007 hanya 10% bayi yang memperoleh ASI pada haripertama, yang diberikan ASI kurang dari 2 bulan sebanyak 73%, yang diberikan ASI 2 sampai 3 bulan sebanyak 53% yang diberikan ASI 4 sampai 5bulan sebanyak 20% dan menyusui eksklusif sampai usia 6 bulan sebanyak49% (WHO, 2007). Sebanyak 3,7% bayi di Indonesia disusui dalam 1 jam pertama setelah kelahiran, dan angka kematian bayi masih relatif tinggi yaitu 35 per 100 kelahiran hidup yang diantaranya disebabkan oleh hipotermi, kurang gizi daninfeksi. Angka pemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih rendah yaituhanya 7,8%. (SDKI, 2007). Pemberian pare, jintan hitam dan semangka mengandung zat aktif alami yang dapat memperbanyak produksi ASI pada ibu menyusui. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pare, jintan hitam dan jus semangka untuk meningkatkan kelancaran pengeluaran ASI pada ibu post pada ibu post partum hari ke-1.
Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Jumlah total responden 30 ibu post partum yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu; 10 orang diberikan pare, 10 orang yang lain diberikan jintan sedangkan 10 orang terakhir diberikan buah semangka. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan yaitu didapatkan hasil yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Pemberian Pare, Jintan Hitam dan Jus Semangka Terhadap Kelancaran Pengeluaran ASI Pada Ibu Primipara Postpartum H-1 pada variabel volume ASI pada hari ke-10, didapatkan tiga kelompok terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini didukung dengan melihat analisis ragam yang memperlihatkan bahwa ketiga kelompok yang dicoba terdapat perbedaan yang signifikan Kondisi tersebut dapat dilihat dari Fhitung yaitu 13,61> F0,05 sebesar 3,35. Dengan kata lain volume ASI pada hari ke-10 menunjukan perbedaan signifikan (α = 0,05)

Keywords

pare, jintan, semangka, produksi ASI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.