HUBUNGAN STRATEGI BELAJAR EFEKTIF MENGGUNAKAN METODE SQR4 DAN TINGKAT KESIAPAN DI KELAS DENGAN NILAI MATA KULIAH OBGYN MAHASISWA SEMESTER IV AKBID WIRA HUSADA NUSANTARA

Retno Rahayu, Roni Subrata

Abstract


Belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikannya. Dengan belajar secara efektif dan teratur maka seseorang dapat memperoleh hasil yang maksimal sesuai yang diharapkannya. Begitu pula dengan kesiapan, seseorang yang siap dalam belajar tentunya akan mempunyai perhatian dalam belajar, motivasi dan perkembangan sehingga dalam setiap proses belajar seorang mahasiswa dituntut untuk selalu belajar dan siap untuk memperoleh hasil (nilai) yang baik sesuai harapan.
Metode pengambilan sampel ialah random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sampai jumlah sampel terpenuhi. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitin ini adalah 41 orang. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pendekatan analisis regresi linear berganda yaitu dengan melakukan uji T, uji F dan menghitung besarnya koefisien regresi masing-masing variabel yang diteliti.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung masing-masing variabel. Variabel Strategi belajar efektif menggunakan metode SQR4 nilai thitung=2,218 > t0,05=2,021. Dan variabel tingkat kesiapan di kelas nilai thitung=3,684 > t0,05=2,021. Selain itu dapat dilihat juga dari nilai Fhitung = 20,758 > F0,05 = 3,23. Besar pengaruh strategi belajar efektif menggunakan metode SQR4 dilihat dari koefisien regresinya sebesar 21,8% dan tingkat kesiapan di kelas dilihat dari koefisien regresinya adalah 30,4% sehingga total pengaruh kedua variabel tersebut terhadap nilai Obgyn adalah 52,2%. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwa kedua variabel yang diteliti yaitu strategi belajar efektif menggunakan metode SQR4 dan tingkat kesiapan di kelas, diidentifikasi berpengaruh signifikan terhadap nilai mata kuliah Obgyn

Keywords


Strategi Belajar Efektif, Metode SQR4, Tingkat Kesiapan di Kelas, Nilai Mata Kuliah Obgyn

Full Text:

PDF

Article metrics

Abstract views : 60 | views : 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.