HUBUNGAN ANTARA SIKAP REMAJA PUTRI TERHADAP PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMP PGRI 2 NGAJUM MALANG KELAS VIII

Maria Aurelia Weru, Sunarsih Yudhawati, Prita Mulyarini

Abstract

Pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan setelah menstruasi dapat mendeteksi secara dini adanya kannker payudara. Pemeriksaan payudara sendiri dapat dimulai oleh wanita yang sudah mengalami menstruasi, karena diusia tersebut sudah ada perkembangan hormon. Pemeriksaan payudara sendiri apabila dijadikan kebiasaan yang rutin dan berkala maka akan lebih banyak kanker payudara dari stadium dini yang dapat dideteksi, tetapi walaupun cara ini murah, aman, dapat diulang dan sederhana, dalam kenyataan baru sedikit wanita yang memakai cara ini yaitu sekitar 15-30%.

            Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya hubungan antara sikap remaja putri terhadap perilaku pemeriksaan payudara sendiri di SMP PGRI 2 Ngajum kelas VIII. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pendekatan statistik deskriptif. Dengan menggunakan metode model regresi linier sederhana.

            Variabel nilai t hitung variabel sikap remaja putri (X) sebesar 5.177 > ttabel 2.042 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara sikap remaja putri (X) dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (Y). Nilai F hitung sebesar 6,539 > dari nilai F 0,05 (4,18) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel sikap remaja putri (X) dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri (Y). Nilai koefisien regresi sebesar 0.559 artinya hubungan variabel bebas dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri sebesar ((0.559 x 100) x 100%) 55,9%, sedangkan 44,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Keywords

Remaja, Pemeriksaan payudara

Full Text:

PDF

References

Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Erlangga. 1999. Ilmu Perilaku. Info Medica, Jakarta

Manan, El. 2011. Kamus Pintar Kesehatan Wanita. Biku Biru, Yogyakarta.

Manuaba. 2003. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. EGC, Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan . PT Rineka Cipta, Jakarta.

Olfa, dkk. 2013. Kanker Payudara Dan SADARI. Nuha Medika, Yogyakarta

Pamungkas, Zaviera. 2011. Deteksi Dini Kanker Payudara. Buku Biru, Yogyakarta.

Tapan, Erik. 2005. Kanker, Antioksida Dan Terapi Komplementer. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Tri Viviyawati. 2014. Hubungan Sikap Dengan Tindakan SADARI Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara.skripsi, FKM, Medan

Wawan. 2017. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Mulia Medika, Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.