HUBUNGAN RIWAYAT SEROTINUS, STRES DAN DISFUNGSI UTERUS HIPOTONIK DENGAN RESIKO TERJADINYA SEROTINUS DI RS MADINAH KASEMBON

Vivin Yuni Astutik, Titin Sutriyani

Abstract

Kehamilan dan Persalinan Serotinus Dengan Riwayat serotinus Resiko meningkat karna berbagai macam kejadian luar biasa pada kehamilan serotinus sebelumnya berpengaruh terhadap Uterus ibu yang menyebabkan Kontraksi yang tidak adekuat , Ibu hamil yang sering mengalami stress pada masa kehamilan berpengaruh terhadap produksi hormone Terutama Hormon persalinan, semakin sering ibu mengalami stress maka semakin sedikit hormone yang di produksi untuk menimbulkan kontraksi, Disfungsi Uterus Hipotonik beresiko terjadinya serotinus karna uterus tidak berkontraksi sehingga tidak menimbulkan persalinan factor resiko yang mempengaruhi serotinus diantaranya Riwayat Serotinus, Stres, dan Disfungsi Uterus Hipotonik

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Riwayat Serotinus, Stres, dan Disfungsi Uterus Hipotonik dengan Resiko terjadinya Serotinus di RS. Madinah Kasembon. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif (Deskriptif Korelatif) dengan Rancangan Cross sectional. Dengan Teknik pengambilan sampel adalah Total sampling yaitu semua populasi d jadikan sampel. Analisis yang di gunakan adalah Regresi Linear Berganda. Variabel Riwayat Serotinus (X1), stres (X2), disfungsi Uterus Hipotonik (X3) dan resiko terjadinya serotinus (Y)

Hasil analisa Data yaitu Variabel X1 (Riwayat Serotinus ) yaitu Thitung >T 0,05 yaitu 5,634 > 2,053 yang artinya memiliki hubungan yang signifikan antara riwayat serotinus dengan resiko terjadinya serotinus. Variabel X2 (Stres ) yaitu  Thitung>T 0,05 Yaitu 3,220.> 2053  yang artinya memiliki hubungan yang signifikan antara Stres dengan Resiko terjdinya Serotinus . Variabel X3 ( Disfungsi Uterus Hipotonik ) yaitu Thitung> T 0,05Yaitu 3120> 2053 artinya Disfungsi Uterus Hipotonik memiliki hubungan yang signfikan antara Disfungsi Uterus Hipotonik dengan Resiko Terjadinya Serotinus. Nilai Fhitung  12.891>F 0,052,96 hal ini menunjukan bahwa Variabel Riwayat Serotinus (X1), stres (X2) ,disfungsi Uterus Hipotonik (X3)  memiliki  memiliki hubungan yang Signifikan,. NilaiRsquaredarivariabel X1,X2,X3 sebesar 0,598 ( 59,8 % ) Yang artinya Hubungan Riwayat Serotinus, Stres, dan Disfungsi Uterus Hipotonik Dengan ResikoTerjadinya Serotinus sebesar 59,8 %  sedangkan 40,2 % di pengaruh ioleh faktor lain yang tidak di teliti. Variabel yang dominan adalah X3 (Riwayat Serotinus ) yang lebih beresiko terjadinya Serotinus.

 

Keywords

Riwayat Serotinus, Stres, Disfungsi Uterus Hipotonik

Full Text:

PDF

References

Anonymous. 2007. Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar. Jakarta, DINKES RI.

Anonymous. 2008. Buku Acuhan Persalinan Normal. Jakarta, JNPK-KR.

Boyle, Maureen. 2009. Pemulihan Luka. Jakarta, EGC.

Hidayat. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta, Salemba Medika.

Liu, David T. Y. 2008. Manual Persalinan. Jakarta, EGC.

Liwellyin, William. 2001. Obstetri dan Ginekologi. Jakarta, Widya Medika.

Manuaba, Ida Ayu Chandranita. 2009. Gadar Obstetri & Ginekologi & Obstertri Ginekologi Sosial Untuk Profesi Bidan. Jakarta, EGC.

Mohchtar, Rustam. 2005. Sinopsis Obstetri. Jakarta, EGC.

Mochtar, rustam. 2007. Sinopsis Obstetri. Jakarta, EGC.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta.

Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta, Salemba Medika.

Prawirohardjo. S. 2009. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta, YBP-SP.

Prawirohardjo, S. , Wiknjosastro, H. , Sumapraja, S. 2007. Ilmu kandungan. Edisi 2. Jakarta, Yayasan Bina Pustaka Sarwono.

Rukiyah, ai yeyeh dkk. 2009. Asuhan Kebidanan I (Kehamilan). Jakarta, Trans Info Media.

Rohani, Reni Saswita dan Marisah. 2011. Asuhan Kebidanan pada Masa Persalinan. Jakarta, Salemba Medika.

Saifuddin, Abdul Bari. 2006. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta, Yayasan Bina Pustaka Sarwono.

Simkin, P. 2005. Buku Saku Persalinan. Jakarta, EGC.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung, Alfabeta.

Sukrisno. 2010. Asuhan Kebidanan IV. Jakarta, Trans Info Media.

Sumarah, Yani Wiayastuti, Nining Wiyati 2009. Perawatan Ibu Bersalin, Cetakan 4. Yogyakarta, Fitra Maya.

Varney, H. 2008. Buku ajar asuhan kebidanan, Ed. 4, Vol. 1. Jakarta, EGC.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.