HUBUNGAN KEHAMILAN PERTAMA, DAN DUKUNGAN DENGAN KEJADIAN KALA IILAMA DI RUMAH SAKIT PERMATA HATI MALANG

Yusnita Julyarni Akri, Suhartik -

Abstract


Data Angka Kematian Ibu di Indonesia merupakan angka tertinggi di Asia Tenggara. Hal ini sangat jauh dari capaian target MDG’s yaitu 102 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015. Salah satu penyebab tingginya AKI di Indonesia adalah pada kematian ibu bersalin yang disebabkan oleh partus lama yaitu sebesar 4.74%. Primigravida adalah keadaan di mana seorang wanita mengalami masa kehamilan untuk pertama kalinya. Sedangkan untuk dukungan oleh suami, sangat berharga bagi seorang Ibu bersalin, dimana semua Ibu bersalin pasti mengharapkan adanya suami yang mendampinginya dalam proses persalinan. Dengan dukungan suami, diharapkan dapat memberikan dukungan suportif sekaligus menumbuhkan rasa nyaman pada ibu dibandingkan jika hanya didampingi oleh petugas kesehatan. Dengan adanya suami di samping ibu bersalin, diharapkan juga dapat menjadi jembatan antara ibu dan petugas kesehatan untuk mengkomunikasikan keinginan ibu pada saat proses persalinan berlangsung (Depkes RI, 2004).kala II adalah dimulai pada saat pembukaan lengkap sampai dengan lahirnya bayi. Pada primipara kala II normalnya tidak lebih dari 2 jam (<2jam) sedangkan pada multipara kala II tidak lebih dari 1 jam (<1jam).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Primigravida dan DukunganSuami dengan Kejadian Kala II Lama.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi,populasi dalam penelitian ini seluruh ibu yang primigravida dan seluruh ibu yang mengalamikala II lama yang berjumlah 30 orang dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh ibu primigravida dan seluruhibu yang mengalamikala II lama 30 orang,didalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan metode dalam penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan yang diambil adalah cross sectional.
Berdasarkan hasil analisa didapatkan t hitung variable Primigravida (X1) sebesar (2,914) > nilai ttabel (2,052) artinya terdapat hubunganh yang signifikan antara Primigravda(X1)Dengan Kejadian Kala II Lama (Y),Nilai t hitung DukunganSuami(X2) sebesar (2,420) >nilai ttabel (2,052) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara DukunganSuami (X2) dengan Kejadian Kala II Lama (Y). Nilai f hitung sebesar 20,588> f table 3,35 artinya terdapat pengaruh yang signifikan variable Primigravida (X1) dan DukunganSuami (X2) dengan Kejadian Kala II Lama (Y),Nilai koefisien regresi sebesar 0,777 atau 77,7% membuktikan bahwa pengaruhPrimigravida dan DukunganSuami dengan Kejadian Kala II Lama adanyahubungandengansedangkan 61% lainya dipengaruhi oleh variable-variabel lainya yang tidak diteliti. Dilihat dari kedua hubungan variable independent (X) terhadap variable dependent (Y),dapat disimpulkan bahwa (XI) Primigravida lebih dominan terhadap Kejadian Kala II Lama (Y) yang dibuktikan dengan nilai t hitung 2,914>t table 2,052.

Keywords


Kehamilan Pertama, Dukungan dan Kejadian Kala II Lama

Full Text:

PDF

Article metrics

Abstract views : 25 | views : 25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.