POLA WILLINGNES TO PAY (WTP) DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERHADAP PILIHAN SAYUR ORGANIK DAN ANORGANIK MASYARAKAT KOTA MALANG

Umi Rofiatin, Hanif Fikri Bariska

Abstract

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) tahun 2011, penyebab kematian di negara-negara berkembang sebesar 60% diakibatkan oleh penyakit tidak menular. Siro et al (2008) menyampaikan bahwa masyarakat mulai percaya bahwa makanan yang mereka konsumsi akan memberikan kontribusi terhadap kesehatan. Salah satunya adalah konsumsi sayur organik dan anorganik. Mempelajari pola pengambilan keputusan konsumen dalam pemilihan produk melalui analisa Willingnes to Pay ( WTP) atas sayur organik dan sayur anorganik dan mengetahui faktor kunci merupakan salah satu upaya mengetahui pola konsumsi dari masyarakat atas komoditi sayuran. Mengetahui dengan tepat pola WTP dan faktor kuncinya memungkinkan kita dapat mengetahui strategi yang sesuai untuk memberikan konstribusi pada pemenuhan pola pangan harapan masyarakat.
Hasil penelitian mengatakan bahwa karakteristik responden dalam penelitian yang mempengaruhi adalah jenis kelamin responden yaitu perempuan karena perempuan yang sudah berumah tangga merupakan faktor penentu pembuat keputusan dalam hal pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Faktor yang mempengaruhi dari kesediaan konsumen dalam membayar sayur organik adalah usia, pendidikan,pendapatan, kualitas produk dan dampak kesehatan. Faktor yang mempengaruhi kesediaan konsumen dalam membayar sayur anorganik adalah usia, pekerjaan, pendapatan, harga, kualitas produk, dampak kesehatan.

Kata kunci: kesediaan membayar, organik dan anorganik, masyarakat, pola konsumsi

Full Text:

PDF

References

Ali, Saadi. 2009. “Analysis of Factors Affecting Agricultural Organic Products Difusion Among Consumers: Perception of Extension Workers” World Applied Sciences Journal Vol 6 Number 3 Pages 331-338. Iran.

Annonymous. 2010. Rencana Strategis Kementrian Pertanian 2010-2014. Jakarta: Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Agustina, Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Ameriana M. 2006. Kesediaan Konsumen Membayar Premium untuk Tomat Aman Residu Pestisida.

Dyah, Purnamasari dan Retno Indryani. 2011. Penentuan Harga Sewa Rumah Susun Berdasarkan Analisa Wtp (Willingness To Pay) Di Kecamatan Sidoarjo. Surabaya: Magister Manajemen Aset FTSP ITS.

John C. Whitehead, Thomas J.Hoban, and William B.Clifford. 2009. “Willingnes to Pay For Agricultural Research and Extension Programs” Journal of Agricultural and Applied Economics 33.1 :91-101

Priambodo, Ajib. 2014. “Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Sayuran Organik dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya di Bogor” Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol V, No 1, April 2014

Ratih Fadlilah Awaliyah, 2010. “Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen dan Bonus dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian” (Thesis). Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sirieix et al, 2008. Consumer Perception of Vegetabkes Resulting from Conventional Field Orgreenhouse Agricultural Methods. Unite Mixtede Recherche Marches Organisations Institutions Strategies d’Acteurs.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.