HUBUNGANKARAKTER KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA PENGUSAHA KECIL MAKANAN OLAHAN

Luh Dina Ekasari

Abstract

Cara seseorang memimpin tentu berbeda dengan orang lain. Cara seseorang mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkahlaku bawahan atau kelompok itulah yang disebut dengan karakteristik seorang pimpinan. Pimpinan harus memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok. Tujuannya untuk mengetahui adanya pengaruh gaya yang terdiri atas kepemimpinan Kharismatik, gaya kepemimpinan Demokratis, gaya kepemimpinan Otoriter, dan gaya kepemimpinan Moralis terhadap kinerja pengusaha kecil makanan olahan di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kabupaten Malang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif, Lokasi penelitian dilakukan di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Berdasarkan objek penelitian yang penulis ambil jumlah sampel yang digunakan adalah 42 pengusaha. Dengan metode Wawancara, observasi dan kuesioner dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk analisis data menggunakan analisis linear berganda (uji simultan dan uji parsial).
Bahwa penelitian ini menyimpulkan gaya kepemimpinan kharismatik, kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan demokratis tidak berpengaruh terhadap kinerja pengusaha kecil makanan olahan. kepemimpinan moralis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pengusaha kecil makanan olahan.

Full Text:

PDF

References

Robbins, S. P. 2006. Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Alih Bahasa: Yusuf Udaya. Jakarta: Arcan.

Kartono, Kartini. 2005. Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Payaman J. Simanjuntak, 2005, Manajemen dan Evaluasi Kinerja, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Dessler, Gary (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: INDEKS

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.