PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020)

Rintan Maulida K. Suryana, Eris Darsawati, Gatot Wahyu Nugroho

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan mengambil data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu ww.idx.co.id. Hasil uji t untuk variabel Biaya Promosi menunjukkan bahwa thitung 5,091 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05, yang berarti Biaya Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara pasrial terhadap Volume Penjualan. Kemudian untuk uji t variable Biaya Distribusi pun menunjukkan hasil yang serupa dengan thitung 5,659 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05, maka Biaya Distribusi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Volume Penjualan. Sedangkan hasi uji F menunjukkan nilai Fhitung 98,419 > Ftabel 3,100, serta nilai signifikansi 0,000 000 < α 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Biaya Promosi dan Biaya Distribusi berpengaruh positif dan signifikan secara stimultan terhadap Volume Penjualan. Hasil uji R2 nilai R Square sebesar 0,693 atau 69,3%. Maka masih terdapat sekitar 30,7% faktor lain yang mempengaruhi volume penjualan dan dapat diteliti untuk penelitian selanjutnya.

Keywords

Biaya Promosi, Biaya Distribusi, Volume Penjualan

Full Text:

XML

References

Cahyanti, D. E dan Afandi, Y. 2017. “Pengaruh Biaya Distribusi Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Kud Semen Kabupaten Blitar” (Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 3 Nomor 1).

CNN Indonesia. 2021. Penjualan Makanan dan Minuman Kemasan Anjlok 40 Persen. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210120183259-92-596312/penjualan-makanan-dan-minuman-kemasan-anjlok-40-persen.

Irmal. 2017. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada CV Susu Ceria Kids Di Kota Depok Irmal” (PEKOBIS Jurnal Pendidikan,Ekonomi Dan Bisnis Volume 1 Nomor 4).

Katadata.co.id. 2020. Pemilik Brand Pacu Belanja Iklan di Medsos, Instagram Favorit Peretail. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ekarina/brand/5fc60a5bd0f0a/pemilik-brand-pacu-belanja-iklan-di-medsos-instagram-favorit-peretail.

Kotler, P., Kartajaya, H. dan Setiawan, I. 2019. Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital (A. Tarigan (ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Meylani. 2014. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ningrum, I. P. 2017. Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Studi Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015 (Skripsi). Kudus: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.

Republika.co.id. 2021. Sektor Usaha yang Tumbuh Positif dan Negatif Selama Pandemi. Ww.Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qnqplh383/sektor-usaha-yang-tumbuh-positif-dan-negatif-selama-pandemi.

Sahabuddin dan Rahayu, A. S. 2018. “Pengaruh Biaya Iklan dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Mobil Avanza Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Di Kota Makassar” (Jurnal Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Volume 12 Nomor 01)

Sultan, PAA. 2019. https://docplayer.info/210065089-Pengaruh-biaya-promosi-biaya-distribusi-dan-biaya-pengembangan-terhadap-volume-penjualan-pada-pt-ultrajaya-milk-industry-putri-andriani-a.html.

Suwardjono. 2016. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.