PENGARUH PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN SUB SEKTOR RITEL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2019

Restu Ayuning Kusumawardhani, Edi Suswardji Nugroho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya pengaruh profitabilitas dan nilai perusahaan terhadap harga saham. Salah satu indikator yang digunakan yaitu rasio Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan EPS. Tobin’s Q yang merupakan indikator dari Nilai Perusahaan. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu menggunakan kriteria dalam pengambilan sampel nya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji f dan uji t dengan menggunakan SPSS sebagai pengolahan data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham, Earning Per Share (EPS) dan Tobin’s Q berpengaruh positif terhadap harga saham. Kemudian secara simultan Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Tobin’s Q berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perdagangan sub sektor ritel yang terdaftar di BEI periode tahun 2015-2019.

Keywords

ROA, EPS, Tobin’s Q, Harga Saham, Sub Sektor Ritel

Full Text:

PDF

References

Amalya, N. T. 2018. “Pengaruh Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin dan Debt To Equity Ratio terhadap Harga Saham” (Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi) Volume 1, Nomor 3)

Arief, H., Saratian, E. T., Nugroho, D. A., Ashshidiqy, N., & Kolis, D. N. (2020). “Pengaruh Roa, Der, Dan Tobin’s Q-Ratio Terhadap Harga Saham Pada Industri Pertambangan Migas Di Bursa Efek Indonesia” (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Volume 6, Nomor 02)

Harahap, S. S. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hartono, J. 2014. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Husnan, S., dan Pudjiastuti. 2014. Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Edisi Keenam). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Poluan, S. J., Octavianus, R. J. dan Prabowo, E. A. 201). “Analisis EVA, MVA, dan Tobin’s Q Terhadap Harga Saham Emiten di BEI Periode 2012-2016” (JEMAP : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan Volume 2 Nomor 1).

Sambelay, J., Rate, P. V., & Baramuli, D. 2017. “Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Lq45 Periode 2012-2016” (Jurnal EMBA Volume 5 Nomor 2).

Santy, V. A. 2017. “Pengaruh Roa, Roe, Dan Eps Terhadap Harga Saham PT. Garuda Indonesia Tbk” (Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 9).

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan: Teori Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Wijaya, D. 2017. Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta: Grasindo.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.