STRATEGI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN UNTUK MENGEMBANGKAN DESA BERBASIS AGROBISNIS DI DESA PATTUKU KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE

Mardianah Mardianah

Abstract


Kegiatan penelitian yang dilakukan pada kesempatan kali ini adalah menganalisa stategi pembangunan infrastruktur perdesaan berbasis agrobisnis di Desa Pattuku.  Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi agrobisnis yang dapat dikembangkan di Desa Pattuku serta mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kemudian menentukan strategi pengembangan pembangunan infrastruktur berbasis agrobisnis berdasarkan faktor internal  dan eksternal desa setelah itu mendapatkan alternatif strategi yang akan diterapkan. Metode penelitian secara umum digunakan adalah metode penelitian survey. Metode penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menngunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok.  Berdasarkan permasalahan tersebut akan dilakukan analisis DLQ untuk mengetahui potensi agrobisnis yang dapat dikembangkan, analisis internal dan eksternal menggunakan matriks IFE&EFE serta Analisis SWOT. Kemudian dilakukan pembobotan untuk mendapatkan alternatif strategi. Penentuan faktor-faktor internal dan eksternal didasarkan pada hasil observasi, wawancara dengan responden dan telaah pustaka yang kemudian dinilai oleh  responden. Dari hasil analisa diketahui bahwa alternatif strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan pembangunan infrastruktur berbasis agrobisnis yaitu melalui pengembangan komoditi pertanian dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan.


Keywords


Infrastruktur, Pengembangan Perdesaan, Agrobisnis

Full Text:

XML

References


Aji, A.A Strategi Pengembangan Agribisnis Komoditas Padi dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Kabupaten Jember. Jember: Politeknik Negeri Banyuwangi, 2014

Badan Pusat Statistik. Kabupaten Bone dalam Angka 2016. Bone: BPS Kabupaten Bone, 2016.

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Bontocani dalam Angka 2016. Bone: Kabupaten Bone, 2016.

Badan Pusat Statistik. Statistik Daerah Kabupaten Bone dalam Angka 2016. Bone: BPS Kabupaten Bone, 2016.

Darmansyah, A. Akuntansi Agribisnis. Bandung: Alfabeta, 2012. Hanafie Rita. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2010.

Hardiyansyah, A et.al,. Jurnal Kalibrasi “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah”. Garut: Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 2015.

Helmi, R. Analisis Pendapatan Peternakan Itik Pedaging di Desa Mattongan-Tongang Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2013.

Hermansyah et.al,. Strategi Pengembangan Kawasan Agropolitan Untuk Mendukung Peningkatan Nilai Produksi Komoditi Unggulan Hortikultura di Kec. Ulu Ere Kab. Bantaeng. UNHAS, 2012.

Mulyadin. Pengembangan Atraksi Wisata Pantai Cipatujuh Seabagi Kawasan Wisata Bahari di Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.

Muta’ali, L. Pengembangan Wilayah Perdesaan (Perspektif Keruangan). Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Geografi, 2013.

Muta’ali, L. Teknik Analisis Regional untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang dan Lingkungan. Yogyakarta: BPFG Universitas Gajah Mada, 2015.

Nursalam. Statistika dan Pengukuran untuk Guru dan Dosen Teori dan Aplikasi dalam Bidang Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Oksatriandhi, B dan Budi, E.S. Identifikasi Komoditas Unggulan di Kawasan Agropolitan Kabupaten Pasaman. Jurnal Teknik Pomits Vol. 3, No.1. Surabaya: Fakultas Perencanaan Wilayah dan Kota, 2014.

Pemerintah Kabupaten Bone. Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan. 2017

Pemerintah Kabupaten Bone. Profil Desa Pattuku. Bone: Desa Pattuku, 2015

Rahmat, M dan Yuliana, F. Strategi Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Pekanbaru: Fisip Universitas Riau, 2013.

Rencana Tata Ruang Wilayah. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bone. Bone: RTRW Kabupaten Bone, 2013.

Retta, D. Evaluasi Program Kesetaraan Paket C pada Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Negeri 17 Penjaringan, Jakarta Utara. Jakarta Utara: Institut Pertanian Bogor, 2011.

Shihab, M.Q. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran. Vol 1, 3, 6 dan 7. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Teknik PWK UIN Alauddin Makassar. Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Makassar. Makassar: Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, 2013.

Utami, B.Y. Pariwisata dan Pengembangan Wilayah di Kawasan Selatan Pulau Lombok. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2016.

Wulandari. “Pembangunan Wilayah Kecamatan Berbasis Komoditi Pertanian di Kabupaten Kudus”. Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/optima.v4i1.1927

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mardianah Mardianah

Editorial Office :
Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522