STRATEGI PENGEMBANGAN PELUANG PASAR TANAMAN HERBAL DI KABUPATEN PASURUAN

Adil Abdillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan peluang pasar tanaman herbal di Kabupaten Pasuruan. Dengan obyek penelitian adalah petani herbal, paguyuban petani, pelaku usaha herbal dan pemerintah daerah. Analisis yang digunakan adalah analisis lokasi, deskriptif, pemasaran dan SWOT. Berdasarkan analisis dan identifikasi kondisi di lapangan strategi yang diterapkan dalam pengembangan peluang pasar tanaman herbal Kabupaten Pasuruan adalah Stable Growth Strategy, dengan strategi antara lain: peningkatan akan minat budidaya komoditas tanaman obat, peningkatan pelatihan/penyuluhan terkait budidaya dan pengolahan produk tanaman obat, peningkatan inovasi pengolahan hasil tanaman obat untuk mencukupi pangsa pasar yang ada, perluasan jaringan pemasaran produk olahan tanaman obat dan meningkatkan kemitraan antara petani tanaman obat di Kabupaten Pasuruan.

Keywords

Strategi, Peluang Pasar, Tanaman Herbal

Full Text:

PDF

References

Dalimartha, Setiawan. 2002. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Jakarta: Trubus Agriwidya.

http://www.bbpplembang.info/index.php/en/arsip/artikel-pertanian/585-potensi-tanaman-obat-indonesia. Diakses 12 Desember 2019 pukul 23:43 WIB.

http://kumpulanbungamawrku.blogspot.com. Diakses 12 Desember 2019 pukul 22:23 WIB.

Kertajaya, Hermawan. 2009. New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management In Education (Manajemen Mutu Pendidikan). Yogyakarta: IRCiSoD.

Wibisono. 2006. Manajemen Kinerja, Konsep, Desain dan Teknik Perusahaan. Jakarta: Pustaka Setia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.